Rabu, 10 April 2013

Jenis-jenis Candlestick (Bag. 4)

Salah satu chart yang sering digunakan para pelaku pasar dalam bertransaksi adalah Candlestick Chart. Berikut ini pembahasan beberapa jenis Candlestick Chart beserta pola pergerakannya.

3.b. Pola Harami
Pola Harami

Harami dalam bahasa Jepang artinya perempuan hamil. Kenapa pola ini dinamakan demikian? Karena, seorang ibu hamil tidak bisa duduk atau berdiri terlalu lama.
Penjelasan psikologisnya adalah harga sampai ke titik jenuh pada penghujung tren. Ada body yang cukup tinggi dan diikuti body yang lebih kecil. Sebaiknya, body yang kecil adalah kurang dari separuh body sebelumnya. Body tinggi mencerminkan harga terbaik untuk mendapatkan profit dari tren sebelumnya. Body kecil menunjukkan bahwa kondisi pasar sudah mulai jenuh dengan tren sebelumnya dan ingin melakukan pembalikan.
Posisi body kecil harus di antara harga buka dan tutup body sebelumnya. Kadang-kadang body kecil bisa digantikan dengan doji. Shadow atas atau bawah di body kecil tidak begitu berpengaruh. Warna body kecil dan sebelumnya harus berlawanan.

Contoh- contoh Pola Harami pada transaksi :
Contoh Pola Harami

Chart di atas adalah chart EURUSD Time Frame 15 menit. Perhatikan chart tersebut. Pola yang terbentuk adalah pola bearish harami.

Pola Bearish Harami

Chart di atas adalah chart GBPUSD Time Frame 15 menit. Perhatikan candle yang diberi lingkaran hijau adalah pola bearish harami. Sedangkan yang ada di lingkaran merah menunjukkan pola bullish harami.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More