Rabu, 10 April 2013

Jenis-jenis Candlestick (Bag. 3)

Salah satu chart yang sering digunakan para pelaku pasar dalam bertransaksi adalah Candlestick Chart. Berikut ini pembahasan beberapa jenis Candlestick Chart beserta pola pergerakannya.

3. Pola Candle Duo Pembalikan
3.a. Pola Engulfing
Pola Engulfing

Engulfing artinya menyelubungi. Jadi, sesuai dengan namanya, pola ini ciri khasnya adalah body candle depan menyelubungi body candle belakang. Akan lebih mantap lagi jika body candle depan menyelubungi body dan shadow candle belakang.
Secara psikologis, candle dengan body yang lebih kecil mengisyaratkan bahwa pasar sudah hilang momentum dan arah pasar masih belum jelas. Selain itu akan ada kelanjutan tren sebelumnya atau berbalik arah.
Candle berikut menunjukkan bullish akan menjelaskan niat para pembeli karena pedagang akan mulai mengambil posisi buy. Maka, candle depan buka dengan harga di bawah dan menutup di atas candle sebelumnya.
Itulah bukti bahwa pasar akan berbalik arah karena mulai kehilangan momentum tren sebelumnya. Jika terbentuk Engulfing candle, terbukti bahwa kegairahan pasar sudah berbalik arah.

Contoh Pola Bullish Engulfing pada transaksi:
Contoh Pola Bullish Engulfing

Contoh Bullish Engulfing

Chart di atas adalah Chart GBPUSD dan AUDUSD dengan Time Frame 15 Menit. Perhatikan pergerakan harga setelah terbentuk pola bullish engulfing.

Contoh Pola Bearish Engulfing pada transaksi:
Contoh Pola Bearish Engulfing

Contoh Bearish Engulfing

Chart di atas adalah Chart GBPUSD dan AUDUSD dengan Time Frame 15 Menit. Perhatikan pergerakan harga setelah terbentuk pola bearish engulfing.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More